Selamat Datang

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

مرحبا أهلا وسهلا بحضوركم في موقعي هذا. موقع فردي بهيج . موقع الألبّاء

Kamis, 07 Juli 2016

Puasa Syawwal Enam Hari untuk Pelengkap Ramadhan

Kurma tasbih simbol islam
Selamat hari raya idul fitri, semoga semua berkah di Ramadhan kita dapatkan dengan tanpa kesia-siaan. Puasa sebulan penuh semoga menjadikan kita terlatih dalam menghadapi nafsu diri yang cenderung untuk melakukan syahwat dan hawanya. 
Sekarang kita telah memasuki bulan Syawwal dan meninggalkan bulan Ramadhan. Untuk melengkapi ibadah puasa ini, dianjurkan untuk melengkapi puasa Ramadhan dengan puasa 6 hari di bulan Syawal. Karena hal itu seperti puasa setahun penuh. Seperti itu yang disabdakan Kanjeng Rasul Muhammad s.a.w.
Toh juga perhitungannya seperti itu. Bukankah satu amalan diganjar dengan sepuluh ganjaran. Maka puasa satu bulan berarti pahala 10 bulan. Maka ada kekurangan 2 bulan untuk menggenapi satu tahun. Nah untuk menggenapi dua bulan ini, dilaksanakan puasa 6 hari di bulan Syawwal. Karena puasa enam hari berarti pahala 60 hari. Dan itu sama dengan 2 bulan. 
Masyaallah, pahala yang Allah sajikan didepan para hamba ini sangat banyak. Tinggal siapa yang mau sedikit berusaha untuk meraihnya. Janganlah nggegampang (meremehkan/meninggalkan) akan pahala yang sangat besar seperti ini, karena selama apapun kita hidup di dunia ini, tak akan pernah sebanding dengan surga yang kita idamkan. Bagaikan kerja 2 jam tetapi mendapat kemewahan dan kekayaan untuk seumur hidup. Maka tiada sebanding hal itu. Tapi inilah dunia. Ladang akhirat. Kita akan hidup diakhirat selama-lamanya. Tapi kerjanya untuk meraih kebahagiaan sejati hanyalah 2 jam saja. Lho, yang benar saja? Masak kerja untuk akhirat cuma dua jam saja? Mana mungkin? 
Benar kok. Coba dihitung. Satu hari akhirat sama dengan 1000 tahun dunia. Maka 1000 / 24 ≈ 40. Yakni 1 jam akhirat sama dengan 40 tahun dunia. Maka jika kita hidup 80 tahun dunia, bukankah sama saja kita hidup 2 jam. Maka beruntunglah jika kita memanfaatkan 2 jam ini (atau bahkan kurang) dengan sebaik-baiknya. 
Semoga Allah memberi taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amiin yaa robbal alamin.

Tidak ada komentar: