Selamat Datang

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

مرحبا أهلا وسهلا بحضوركم في موقعي هذا. موقع فردي بهيج . موقع الألبّاء

Sabtu, 06 Desember 2008

Semangat Tinggi dengan WIFLE

Sering kali kita merasa semangat kita naik dan turun. Pada suatu saat kita merasa bersemangat sekali. Setelah itu lemas dan loyo singgah pada diri kita. Ini juga disebut dengan futhur dan kendo.

Futhur ini sering kali disebabkan oleh keadaan batin kita melemah, walaupun juga ia merupakan akibat dari lelahnya fisik kita. Akan tetapi jika batin kita kuat, maka fisik kita akan mengerahkan tenaga yang masih ada untuk bekerja secara maksimal dengan hasil yang memuaskan.

Dalam tulisan ini, kami akan berbagi ilmu yang kami ketahui ketika mengambil mata kuliah kewirausahaan tentang salah satu cara gar diri kita setiap hari selalu bersemangat dalam melakukan rutinitas. Yaitu WIFLE. Ia adalah singkatan dari “What I Feel Like Expression”.

WIFLE ini adalah mengungkapkan 3 hal berikut dalam waktu 2 menit kepada orang lain, teman kita, misalnya, setiap pagi. Dan perlu diingat, dalam WIFLE kita mengungkapkan dengan sejujur-jujurnya. 3 hal itu adalah:
1. Perasaan Positif
2. Big Win (prestasi anda terkini)
3. Harapan-Harapan

Perasaan potsitif yang dimaksud di sini adalah perasaan-perasaan positif yang sedang dirasakan. Sekacau balau apapun perasaan kita, pasti terdapat beberapa perasaan positif yang ada. Ingat, Allah telah berfirman:
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا (سورة إبراهيم: 34)
Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya.

Sedangkan Big Win adalah prestasi-prestasi yang baru diraih. Sekecil apapun prestasi itu, ungkapkan! Meskipun itu remeh. Seperti “kemarin sudah membaaca al-Qur’an 1 juz”, bagi yang biasa hanya membaca ½ juz, dan lain-lain. Sedangkan harapan adalah apa yang diinginkan pada masa mendatang. Baik harapan jangka panjang maupun jangka pendek. Termasuk harapan adalah cita-cita yang diingninkan kelak.

Ketiga hal tersebut diungkapkan kepada teman cukup hanya dengan rentang waktu 2 menit, tidak lebih. Dengan melaksanakan WIFLE setiap hari, hari-hari anda akan terjalani dengan penuh semangat.

Secara sepintas, WIFLE ini terlihat seperti curhat. Akan tetapi biasanya curhat adalah ungkapan-ungkapan perasaan negatif. Tetapi WIFLE ini hanya mengungkapkan perasaan yang positif tidak boleh dimasuki oleh perasaan negatif, dan pula ia tidak lebih dari 2 menit.
Bagaimana? Apakah anda ragu melakukannya? Tidak usah ragu! WIFLE ini tidak bertentangan dengan agama. Meskipun agama melarang kita pamer dan sombong, tapi agama pula memberikan perintah menceritakan keni’matan-keni’matan yang kita dapatkan dari Yang Maha Kuasa.
وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ (سورة الضحي: 11)
Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)

Sesungguhnya pamer dan sombong itu adalah perbuatan hati, dan itu tergantung pada diri kita sendiri. Tetapi para ulama menyatakan bahwa orang yang tidak melakukan sesuatu (yang dimaksud melakukan di sini mencakup perbuatan dan ucapan) karena takut pamer maka dia telah pamer.

Masih ragukah anda?

Masih ingin semangat?

Silakan mencoba!

Tidak ada komentar: