Selamat Datang

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

مرحبا أهلا وسهلا بحضوركم في موقعي هذا. موقع فردي بهيج . موقع الألبّاء

Jumat, 10 Juli 2009

Asking

Ask!
Bertanyalah, mintalah, dan komunikasikan apa yang kamu inginkan!
Bertanya membuka jalan.
Meminta tidak selalu rendah.
Berkomunikasi kita jadi tahu yang baik.
Jangan takut akan penolakan. Itu pasti terjadi.
Orang hebat tidak takut akan ditolak, karena dengan ditolak dia melihat peluang yang lain.

Dengan bertanya kita tidak akan tersesat di jalan. Tanya lah apa yang kamu belum ketahui. Bertanya dengan buku. Bertanya dengan yang lebih tahu. Dalam menjalani suatu bidang pekerjaan, baik pekerjaan keuangan, ibadah bahkan kemasyarakatan, seseorang membutuhkan suatu pengalaman berharga yang bisa jadi tidak kita miliki tapi ada di benak orang lain. Jangan malu untuk bertanya. Jangan malu untuk menjadi lebih baik dengan mengetahui yang belum diketahui.

Meminta... Ya terkesan rendah. Itu tidak semuanya. Mintalah dengan baik. Misalnya minta mengajar. Minta mengajar ketika kita merasa mampu itu penting. Dari pada kita cuma menungu dan menunggu, berharap dan berharap bilang saja. Pak saya mau mengajar bisa tidak. Jangan takut ditolak! Masalah tolak menolak itu masalah terakhir. Jika kita tidak meminta maka 0% (Baca: Nol Besar persen) keinginan kita terpenuhi. Siapa yang tahu dengan keinginan orang yang diam! Tapi dengan meminta bisa jadi ditolak bisa jadi diterima. Jadilah 50%-50%, yakni 50% diterima dan 50% ditolak. Tapi apabila Minta kita dibarengi dengan Powerfull Communication, yaitu dengan intonasi tepat dan gaya tubuh yang sesuai bisa jadi kemungkinan diterima bertambah.

Komunikasi merupakan penyatuan pendapat seseorang dengan yang lain. Kedua hal di atas bisa masuk dalam kategori komunikasi. Tapi komunikasi lebih luas. Tidak hanya meminta dan bertanya. Misalnya memberitakan tujuan hidup, keinginan atau yang lain. Bisa jadi seseorang ingin bisa mengendarai sepeda motor. Tapi dia diam. Ya tidak ada yang mendukung. Semua orang di sekelilingnya tidak tahu kalau dia ingin bisa mengendarai motor. Maka tidak satupun yang mau melatihnya. Tapi jika ia komunikasikan, maka suatu saat ketika teman yang dia ajak komunikasi ada ide yang bisa membantunya akan ia tularkan kepada kepadanya.

Dan terakhir jangan takut untuk ditolak. Penolakan merupakan suatu proses. Semuanya membutuhkan proses. Tiada satu keberhasilan pun yang tidak melalui proses.
Ayo ber-Ask!

Tidak ada komentar: